Benarkah Obat Ranitidine Pemicu Kanker


Benarkah obat ranitidine pemicu kanker? Sebelum mengetahui fakta lebih jauh, ranitidine adalah obat yang cukup populer digunakan untuk mengatasi gejala nyeri pada lambung akibat adanya peningkatan asam lambung. Obat ini bekerja dengan cara memperlambat produksi asam lambung, sehingga luka yang menyebabkan nyeri pada lambung akan kembali pulih. Selain itu, ranitidine juga dapat berperan untuk mencegah timbulnya gejala gangguan pencernaan yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang memicu peningkatan asam lambung.

Benarkah Obat Ranitidine Pemicu Kanker?

Kenali fakta obat ranitidine yang baru ditemukan berikut ini.

1. Zat pada ranitidine yang dapat memicu kanker

Food and Drug Administration (FDA) baru  baru ini menemukan fakta bahwa obat ranitidine mengandung zat N-Nitrosodimethylamine (NDMA). Zat NDMA merupakan zat berupa cairan tak berbau yang biasanya digunakan dalam produksi bahan bakar roket. NDMA dengan kadar tinggi biasanya ditemukan pada tanah, air, bahkan udara di sekitar tempat produksi bahan bakar roket.

Zat kimia ini dapat mencemari lingkungan, bahkan bisa menempel pada makanan, seperti daging, susu, atau sayuran. FDA mengatakan bahwa NDMA termasuk dalam golongan zat yang bersifat karsinogenik atau penyebab kanker pada manusia.

2. Obat ranitidine akhirnya ditarik peredannya oleh BPOM

Setelah FDA pada Juli 2019 memberikan perintah penarikan obat yang memiliki kadar NDMA tinggi untuk ditarik, akhirnya pada September 2019 BPOM RI melakukan perintah kepada seluruh industri farmasi dan apotek di seluruh Indonesia yang memiliki izin edar produk tersebut untuk menghentikan produksi, distribusi, serta menarik kembali seluruh obat ranitidine yang telah beredar di masyarakat.

Perlu diketahui bahwa zat NDMA pada suatu obat tidak akan berbahaya jika masih berada dalam batas aman, yaitu tidak lebih dari 96 nanogram per hari. Namun, dari pengujian beberapa sampel merk obat ranitidine, telah ditemukan adanya jumlah kandungan NDMA yang melebihi batas aman tersebut. Jika obat ranitidine dengan kandungan NDMA berlebih terus dikonsumsi dalam jangka waktu panjang, maka resiko kemungkinan terbentuk dan tumbuhnya sel kanker akan semakin tinggi.

Jadi, benarkah obat ranitidine pemicu kanker? Jawabannya adalah iya. Sebaiknya kamu hindari konsumsi obat ranitidine seperti yang telah diperintahkan oleh BPOM RI.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Obat Ranitidine Pemicu Kanker"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel