Tips Menyusun Nasi Tumpeng Untuk Perlombaan


Dalam membuat tumpeng untuk acara perlombaan biasanya yang dijadikan sebagai penilaan adalah soal rasa, tampilan, dan kelengkapan tumpeng secara keseluruhan. Tak jarang pula panitia menambahkan unsur dalam penilaian seperti jumlah biaya dalam pembuatan tumpeng hingga cara memasak dan kebersihannya.

Bagi anda yang ingin membuat nasi tumpeng Jakarta dan mampu bersaing dengan peserta lain, ada beberapa trik khusus yang sekiranya dapat membantu menambah kelezatan rasa dari tumpeng itu sendiri, diantaranya:

Cara cetak nasi yang benar

Salah satu tantangan paling utama dalam membuat tumpeng adalah ketika mau mencetak nasi tumpeng. Dalam , jikaacara perlombaan tentu saja persyaratan nasi tumpeng harus dicetak kerucut, kalian bisa menggunakan alat bantu cetak yang sudah memiliki bentuk kerucut seperti gunung. 

Apabila persyaratan diatas tidak berlaku, kalian bisa membuat tumpeng dengan berbagai macam kreasi bentuk menarik dan unik.

Buat pusat perhatian

Ketika membuat tumpeng untuk acara perlombaan, sebaiknya kamu membuat tumpeng tersebut agar dapat menarik perhatian mata semua pengunjung atau panitia. Misalnya anda dapat memberi pelengkap lauk pauk berupa ayam ingkung utuh sebagai simbol ucapan syukur.

Warna-warna yang kontras

Yang memberi warna pada nasi tumpeng adalah lauk pauknya, kebanyakan tumpeng diisi oleh warna-warna cokelat atau merah tua. Tampilan tersebut pastinya sudah terlalu biasa, maka anda bisa memberinya lauk pauk yang lebih berwarna kontras sehingga akan membuat tampilan makin unik dan menarik.

Gunakan hiasan secukupnya

Usahakan ketika anda ingin memberikan hiasan pada nasi tumpeng, hiasan tersebut dibuat dari bahan-bahan yang aman dan bisa di makan. Semua hiasan tersebut nantinya akan ditaruh di atas satu wadah bersama dengan nasi jadi harus bisa dimakan. Misalnya hiasan dari tomat, wortel atau lobak yang dibentuk menjadi aneka ragam bentuk seperti bunga atau angsa cantik.

Jenis hiasan lain yang bisa kalian gunakan dan ditaruh di atas tumpeng, antara lain seperti taburan cabai yang dibentuk menjadi bunga, daun kemangi, daun selada, daun peterseli, daun seledri, dsb. Selain memberikan warna yang menarik, juga menimbulkan bau harum.

Cita rasa yang enak

Biasanya lauk pauk pada tumpeng sudah memiliki rasa yang gurih, maka tidak perlu memberikan terlalu banyak garam pada nasi tumpeng. Sebaiknya Anda memberikan tambahan berupa sambal yang pedas dan enak untuk menambah cita rasa tumpeng.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menyusun Nasi Tumpeng Untuk Perlombaan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel