Cek Besaran Tarif Pajak Pertambahan Nilai Terbaru


Tarif PPN merupakan pungutan yang diberikan kepada setiap proses produksi maupun distribusi. Memang ada beberapa masyarakat yang masih sangat asing mendengar istilah tersebut. Perlu diketahui jika Anda termasuk dalam golongan penjual atau pengusaha yang telah di tetapkan menjadi PKP. Maka Anda berkewajiban menyetorkan pajak kepada negara sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hal ini dikarenakan PPN atau Pajak Pertambahan Nilai memiliki pengertian sebuah pungutan yang dibebankan atas transaksi jual beli dan jasa. Dimana Anda wajib membayar pajak pribadi atau wajib pajak badan. Untuk itu, Anda harus mengetahui berapa besaran pajak terbaru yang harus dikeluarkan. Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi tolak ukur besaran tarif pajak yang harus dibayarkan. Simak ulasan berikut ini mengenai beberapa hal yang dapat digunakan untuk mengecek besaran pajak.

Dasar Pengenaan Pajak PPN

Jika ingin menghitung tarif PPN yang dibebankan di perusahaan atau bisnis Anda, ketahui beberapa dasar pengenaan pajak. Yaitu dapat diperhitungkan dari harga jual, nilai impor hingga ekspor produk atau jasa perusahaan Anda. Semua termasuk biaya yang diminta oleh pengusaha karena penyerahan jasa kena pajak, ekspor jasa atau barang kena pajak.

Untuk nilai impor uang yang digunakan sebagai dasar penghitungan bea masuk ditambah dengan pungutan berdasarkan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan. Selain itu juga ada beberapa hal lain sebagai dasar pengenaan pajak yang sudah diatur oleh Menteri Keuangan. Di mana hal itu sudah diatur dalam pasal 9 ayat 1 dasar pengenaan pajak PPN.

Tarif Pajak PPN

Setelah mengetahui beberapa hal yang menjadi dasar pengenaan pajak perusahaan. Tentunya saat ini Anda sudah bisa menghitung besaran pajak yang dikenakan ke perusahaan. Untuk tarif pajak umum 10% untuk penyerahan dalam negeri. Sedangkan tarif pajak 0% diterapkan atas ekspor BPK berwujud atau tidak berwujud dan ekspor.

Biasanya tarif pajak 10% bisa berubah menjadi lebih rendah sekitar 5%, namun untuk nilai tertingginya adalah sekitar 15%. Tentunya semua tarif tersebut sudah diatur oleh Peraturan Pemerintah. Ternyata perhitungan PNN dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak. Nah itu tadi merupakan ulasan mengenai cara mengecek tarif untuk PPN, untuk memudahkan Anda dalam mengetahui besaran tarif yang harus dibayarkan.

Agar lebih mudah dalam menghitung tarif pajak tersebut Anda bisa menggunakan aplikasi BukuKas. Di mana Anda tidak perlu susah membukukan berbagai transaksi keuangan perusahaan menggunakan buku sebab sudah ada aplikasi BukuKas. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan hutang piutang perusahaan atau cek tarif PPN. Tentunya dijamin lebih mudah dan nyaman saat mencari berbagai catatan transaksi perusahaan. Hal ini dikarenakan aplikasi BukuKas memiliki beberapa fitur cukup lengkap yang dapat membantu Anda mengelola arus keuangan perusahaan. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam mengetahui besaran pajak perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Cek Besaran Tarif Pajak Pertambahan Nilai Terbaru"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel