Menyiasati Harga Kambing Qurban Jelang Idul Adha


Menjelang hari raya Idul Adha, pasti banyak warga muslim yang mencari hewan qurban. Di Indonesia sendiri, hewan qurban yang banyak dicari yaitu sapi, domba dan kambing. Adanya momen ini rupanya dimanfaatkan oleh para pedagang hewan qurban dengan mengambil keuntungan besar. Harga kambing qurban bervariasi, tergantung dari besar atau kecilnya si kambing qurban. Harga yang ditawarkan untuk kambing mulai dari 1juta rupiah per ekornya bahkan bisa lebih untuk ukuran yang besar dan berkualitas super.

Jika memilih hewan qurban sapi, Anda bisa patungan dengan keluarga lainnya sehingga biaya qurban bisa lebih ditekan. Namun, jika Anda berkeinginan qurban kambing hanya untuk satu orang saja, tidak boleh dilakukan patungan. Lalu bagaimana cara menyiasati harga kambing qurban yang terus melonjak menjelang waktu Idul Adha?

Tips Menyiasati Harga Kambing Qurban yang Melonjak

Jika Anda sudah berniat qurban kambing untuk tahun ini, maka Anda pasti sudah menyiapkan dananya. Hanya saja melihat harga kambing qurban yang terus melonjak menjelang Idul Adha, Anda perlu menyiasatinya agar dana membeli kambing qurban di tahun ini cukup. Simak tips berikut ini.

1. Menabung seharga hewan qurban 

Apabila Anda telah mempunyai niat untuk membeli kambing qurban di tahun depan, maka lakukanlah menabung tujuan jangka pendek. Anda dapat mengatur berapa dana yang bisa Anda sisihkan setiap bulannya untuk ditabung sebagai tujuan jangka pendek ini. Kemudian perkirakan juga kenaikan hewan qurban sebesar 15% dari harga tahun ini.

Maka dana yang harus bisa Anda kumpulkan yaitu harga hewan qurban ditambah 15%. Kemudian bagilah ke jumlah bulan hingga waktu pembelian hewan qurban tersebut. Misalnya saja dengan kenaikan harga 15%, harga kambing di tahun depan menjadi 2.3 juta rupiah per ekornya. Maka dalam waktu 12 bulan, Anda perlu menabung sebesar Rp 192.000 setiap bulannya agar bisa membeli seekor kambing.

2. Membeli kambing qurban lebih awal

Ketika menjelang Idul Adha, sudah bisa dipastikan jika harga hewan qurban baik sapi, domba maupun kambing akan naik drastis. Maka untuk menyiasati hal ini, sebaiknya Anda membeli kambing qurban lebih awal. Selain harganya lebih murah, pilihan kambing yang berkualitas dan berkondisi sehat jauh lebih banyak.

3. Membeli hewan qurban langsung dari pedagangnya, bukan makelar

Tak jarang karena tak ada waktu untuk memilih kambing yang tepat, seseorang lebih mempercayakan kambing yang hendak dibelinya pada makelar. Hal ini boleh saja dilakukan. Hanya saja jika dana yang Anda miliki tidak banyak, sebaiknya Anda langsung membeli pada pedagangnya sebab dinilai memiliki harga yang lebih murah.

Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu pada beberapa pedagang untuk membandingkan harga yang satu dengan lainnya. Sekaligus melihat kondisi kambing yang hendak Anda beli secara langsung.

4. Memeriksa kondisi kambing qurban yang hendak dibeli

Jangan sampai karena tergiur harga murah, Anda tidak memeriksa kondisi kesehatan si kambing yang rupanya sakit. Pastikan kambing yang Anda pilih memiliki kondisi sehat yang bisa dilihat dari tubuhnya yang besar, lincah, tidak cacat, tidak mengeluarkan liur serta tidak terlihat loyo. Kemudian perhatikan juga usia kambing yang hendak dijadikan qurban sebaiknya berusia 1 tahun.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati harga kambing qurban yang melonjak menjelang idul adha. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Menyiasati Harga Kambing Qurban Jelang Idul Adha"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel